DESAIN PROYEK BERKELOMPOK
Satuan Pendidikan
: SMK
Mata Pelajaran : Matematika
Kelas : X
Kompetensi dasar : 2.2 Menentukan
keliling dan luas daerah bidang datar.
Indikator : Siswa dapat menerapkan berbagai konsep dalam menghitung luas dan keliling
bangun datar, membuat model dan penyelesaian terhadap proyek matematika membuat
desain rumah ideal dan maket sederhana.
Materi : Geometri Dimensi Dua
Rancangan Perlakuan
Proyek berkelompok (Group
Project) akan dilakukan di kelas kontrol, dalam pelaksanaannya perlakuan
melibatkan satu orang guru mata pelajaran matematika. Peneliti akan berkolaborasi
dengan guru mata palajaran untuk mempersiapkan perlakuan di kelas kontrol
tersebut.
Pertemuan ke-1
Setelah guru menyampaikan materi pelajaran geometri
dimensi dua, satu jam pelajaran terakhir sama dengan 45 menit, guru memberikan
motivasi atau ilustrasi kepada siswa mengenai bangun datar yang ada di
kehidupan sekitar kita dan kemudian mengajak siswa untuk melakukan tugas
proyek. Guru membagi siswa ke dalam kelompok yang masing-masing kelompok dapat
terdiri atas 3 – 4 orang siswa. Tugas proyek dan langkah-langkah pengerjaan
dibagikan kepada setiap kelompok untuk dipelajari. Dan siswa dipersilahkan
untuk bertanya apabila ada hal yang kurang dimengerti terhadap tugas proyek
tersebut.
Pada pertemuan ini
diharapkan siswa di dalam kelompok mulai melakukan tahap perencanaan bagi tugas
proyek pertama membuat desain rumah ideal beserta ukuran dan
spesifikasi pada desainnya dengan luas
tanah yang ditentukan berukuran 15 m x 30 m, siswa dipersilahkan untuk secara bersama-sama di kelompok masing-masing
merencanakan spesifikasi bagian ruangan yang diinginkan dalam desain rumah
secara rinci, membuat daftar alat dan bahan yang dibutuhkan, mencatat setiap
langkah yang dilakukan pada tahap ini. Setelah
melakukan tahap perencanaan diharapkan pada pertemuan berikutnya, kelompok
telah siap melakukan tahapan selanjutnya pada pertemuan kedua.
Pertemuan
ke-2
Pada pertemuan kedua ini, kelompok melanjutkan tahap pelaksanaan dari
proyek pertama yaitu, berkolaborasi membuat ukuran rumah
ideal yang tepat dan sesuai dengan ukuran luas tanah yang disediakan pada soal
proyek. Dan diharapkan siswa saling berkoordinasi dalam membuat gambar desain
dengan baik, kemudian mencatat setiap langkah yang dilakukan pada tahap ini.
Pada akhir pelaksanaan proyek ini diharapkan setiap kelompok akan
menghasilkan suatu produk, produk berupa gambar desain rumah ideal digambar
dengan skala yang tepat, produk berupa gambar desain rumah ideal dilengkapi
ukuran dan spesifikasinya, dan gambar desain dibuat dengan tampilan yang
menarik
Pertemuan ke-3
Pada pertemuan ini, siswa melanjutkan proyek berikutnya dan pada kesempatan
ini mereka dipersilahkan melakukan tahap perencanaan. Proyek kedua ini, setiap
kelompok disajikan masalah dan diharapkan membuat rancangan anggaran sebagai
produknya. Disajikan masalah berdasarkan tugas proyek sebelumnya jika pada
bagian sisa tanah akan ditanami tanaman hias, mereka diminta
membuat
perencanaan untuk panjang keliling halaman atau rumah yang akan ditanami
tanaman hias pada desain yang kalian buat, dan perkirakan
anggaran untuk membeli tanaman hias. Mereka diharap membuat rencana pada desain
disepanjang bagian mana sajakah akan ditanami tanaman hias, menentukan jenis
tanaman hias yang diinginkan dan melakukan suvey harga tanaman hias.
Pertemuan ke-4
Pada pertemuan ini, kelompok melanjutkan ke tahap pelaksanaan, guru
selalu mengamati kegiatan kelompok di kelas yang pada tahap ini mereka
melakukan perhitungan dan membuat sehingga produk akhirnya berupa catatan dan deskripsi hasil perencanaan kelompok,
hasil survey dan hasil perhitungan terhadap tugas proyek yang disusun secara
rinci. Catatan dan deskripsi dilengkapi bukti telah melakukan survey,
perencanaan dan perhitungan dilakukan dengan benar serta dapat
dipertanggungjawabkan.
Pertemuan ke-5
Pada pertemuan ini, siswa melanjutkan proyek berikutnya dan pada kesempatan
ini mereka dipersilahkan melakukan tahap perencanaan. Proyek ketiga ini adalah
membuat perencanaan
anggaran untuk mengecat setiap ruangan, apabila diketahui 1 kaleng cat dengan
volume 2,5 kg diperkirakan dapat melapisi area 15 m2 sebanyak dua
kali pengecatan, Mereka diharap membuat rencana dari desain yang telah
dibuat, mereka mendiskusikan cat apa saja yang mereka butuhkan, dan survey
harga kaleng cat yang mereka butuhkan, dan mencatat semua langkah yang akan
mereka lakukan untuk melaksanakan tugas proyek ini.
Pertemuan ke-6
Pada pertemuan ini, informasi dan perencanaan yang telah dibuat padapertemuan
sebelumnya diolah bersama-sama di dalam kelompok, laporan untuk tahap ini
disusun secara rinci sebagai produk akhir. Pada akhir pembelajaran, guru
memberikan instruksi bagi setiap kelompok untuk mempelajari dirumah, membaca
literatur yang berkaitan dengan proyek berikutnya, dan ketika pertemuan
berikutnya, masing-masing dapat memberikan ide untuk perencanaan proyek
terakhir.
Pertemuan ke-7
Pada pertemuan ini, siswa bersama-sama dengan kelompoknya masing-masing
menyusun perencanaan untuk membuat maket sederhana berdasarkan desain yang
mereka buat saat proyek pertama. Di dalam kelompok siswa diharapkan mendaftar
semua kebutuhan yang mereka perlukan, dan mengorganisasikan setiap anggota
untuk melakukan tugasnya masing-masing dalam mempersiapkan apa saja yang dibutuhkan
dan yang harus dilakukan setiap anggota kelompok. Diharapkan setiap kelompok
mempunyai catatan untuk tahap perencanaan yang mereka buat.
Pertemuan ke-8
Pada pertemuan ini, siswa dipersilahkan membangun maket sederhana
berdasarkan perencanaan yang telah dibuat. Dan produk akhir berupa maket
sederhana ini akan menggambarkan usaha dan kerjasama yang dilakukan oleh
kelompok. Setelah berakhir pembuatan produk, guru meminta siswa membuat laporan
akhir seluruh tugas proyek secara tertulis dan produk yang telah dihasilkan
akan dipresentasikan pada pertemuan berikutnya.
Pertemuan ke-9 dan ke-10
Pengumpulan laporan dan presentasi kelompok dan Tes Akhir.
No comments:
Post a Comment