Saturday 12 April 2014

Pebelajaran Berbasis Proyek



DESAIN PROYEK BERKELOMPOK

Satuan Pendidikan :     SMK
Mata Pelajaran          :    Matematika
Kelas                           :    X
Kompetensi dasar   :    2.2  Menentukan keliling dan luas daerah bidang datar.
Indikator                   :    Siswa dapat menerapkan berbagai konsep dalam menghitung luas dan keliling bangun datar, membuat model dan penyelesaian terhadap proyek matematika membuat desain rumah ideal dan maket sederhana.
Materi                          :    Geometri Dimensi Dua

Rancangan Perlakuan
Proyek berkelompok (Group Project) akan dilakukan di kelas kontrol, dalam pelaksanaannya perlakuan melibatkan satu orang guru mata pelajaran matematika. Peneliti akan berkolaborasi dengan guru mata palajaran untuk mempersiapkan perlakuan di kelas kontrol tersebut.
Pertemuan ke-1
Setelah guru menyampaikan materi pelajaran geometri dimensi dua, satu jam pelajaran terakhir sama dengan 45 menit, guru memberikan motivasi atau ilustrasi kepada siswa mengenai bangun datar yang ada di kehidupan sekitar kita dan kemudian mengajak siswa untuk melakukan tugas proyek. Guru membagi siswa ke dalam kelompok yang masing-masing kelompok dapat terdiri atas 3 – 4 orang siswa. Tugas proyek dan langkah-langkah pengerjaan dibagikan kepada setiap kelompok untuk dipelajari. Dan siswa dipersilahkan untuk bertanya apabila ada hal yang kurang dimengerti terhadap tugas proyek tersebut.
Pada pertemuan ini diharapkan siswa di dalam kelompok mulai melakukan tahap perencanaan bagi tugas proyek pertama membuat desain rumah ideal beserta ukuran dan spesifikasi pada desainnya dengan luas tanah yang ditentukan berukuran 15 m x 30 m, siswa dipersilahkan untuk secara bersama-sama di kelompok masing-masing merencanakan spesifikasi bagian ruangan yang diinginkan dalam desain rumah secara rinci, membuat daftar alat dan bahan yang dibutuhkan, mencatat setiap langkah yang dilakukan pada tahap ini. Setelah melakukan tahap perencanaan diharapkan pada pertemuan berikutnya, kelompok telah siap melakukan tahapan selanjutnya pada pertemuan kedua.

Pertemuan ke-2
Pada pertemuan kedua ini, kelompok melanjutkan tahap pelaksanaan dari proyek pertama yaitu, berkolaborasi membuat ukuran rumah ideal yang tepat dan sesuai dengan ukuran luas tanah yang disediakan pada soal proyek. Dan diharapkan siswa saling berkoordinasi dalam membuat gambar desain dengan baik, kemudian mencatat setiap langkah yang dilakukan pada tahap ini.
Pada akhir pelaksanaan proyek ini diharapkan setiap kelompok akan menghasilkan suatu produk, produk berupa gambar desain rumah ideal digambar dengan skala yang tepat, produk berupa gambar desain rumah ideal dilengkapi ukuran dan spesifikasinya, dan gambar desain dibuat dengan tampilan yang menarik

Pertemuan ke-3
Pada pertemuan ini, siswa melanjutkan proyek berikutnya dan pada kesempatan ini mereka dipersilahkan melakukan tahap perencanaan. Proyek kedua ini, setiap kelompok disajikan masalah dan diharapkan membuat rancangan anggaran sebagai produknya. Disajikan masalah berdasarkan tugas proyek sebelumnya jika pada bagian sisa tanah akan ditanami tanaman hias, mereka diminta membuat perencanaan untuk panjang keliling halaman atau rumah yang akan ditanami tanaman hias pada desain yang kalian buat, dan perkirakan anggaran untuk membeli tanaman hias. Mereka diharap membuat rencana pada desain disepanjang bagian mana sajakah akan ditanami tanaman hias, menentukan jenis tanaman hias yang diinginkan dan melakukan suvey harga tanaman hias.

Pertemuan ke-4
Pada pertemuan ini, kelompok melanjutkan ke tahap pelaksanaan, guru selalu mengamati kegiatan kelompok di kelas yang pada tahap ini mereka melakukan perhitungan dan membuat sehingga produk akhirnya berupa catatan dan deskripsi hasil perencanaan kelompok, hasil survey dan hasil perhitungan terhadap tugas proyek yang disusun secara rinci. Catatan dan deskripsi dilengkapi bukti telah melakukan survey, perencanaan dan perhitungan dilakukan dengan benar serta dapat dipertanggungjawabkan.

Pertemuan ke-5
Pada pertemuan ini, siswa melanjutkan proyek berikutnya dan pada kesempatan ini mereka dipersilahkan melakukan tahap perencanaan. Proyek ketiga ini adalah membuat perencanaan anggaran untuk mengecat setiap ruangan, apabila diketahui 1 kaleng cat dengan volume 2,5 kg diperkirakan dapat melapisi area 15 m2 sebanyak dua kali pengecatan, Mereka diharap membuat rencana dari desain yang telah dibuat, mereka mendiskusikan cat apa saja yang mereka butuhkan, dan survey harga kaleng cat yang mereka butuhkan, dan mencatat semua langkah yang akan mereka lakukan untuk melaksanakan tugas proyek ini.

Pertemuan ke-6
Pada pertemuan ini, informasi dan perencanaan yang telah dibuat padapertemuan sebelumnya diolah bersama-sama di dalam kelompok, laporan untuk tahap ini disusun secara rinci sebagai produk akhir. Pada akhir pembelajaran, guru memberikan instruksi bagi setiap kelompok untuk mempelajari dirumah, membaca literatur yang berkaitan dengan proyek berikutnya, dan ketika pertemuan berikutnya, masing-masing dapat memberikan ide untuk perencanaan proyek terakhir.

Pertemuan ke-7
Pada pertemuan ini, siswa bersama-sama dengan kelompoknya masing-masing menyusun perencanaan untuk membuat maket sederhana berdasarkan desain yang mereka buat saat proyek pertama. Di dalam kelompok siswa diharapkan mendaftar semua kebutuhan yang mereka perlukan, dan mengorganisasikan setiap anggota untuk melakukan tugasnya masing-masing dalam mempersiapkan apa saja yang dibutuhkan dan yang harus dilakukan setiap anggota kelompok. Diharapkan setiap kelompok mempunyai catatan untuk tahap perencanaan yang mereka buat.

Pertemuan ke-8
Pada pertemuan ini, siswa dipersilahkan membangun maket sederhana berdasarkan perencanaan yang telah dibuat. Dan produk akhir berupa maket sederhana ini akan menggambarkan usaha dan kerjasama yang dilakukan oleh kelompok. Setelah berakhir pembuatan produk, guru meminta siswa membuat laporan akhir seluruh tugas proyek secara tertulis dan produk yang telah dihasilkan akan dipresentasikan pada pertemuan berikutnya.

Pertemuan ke-9 dan ke-10

Pengumpulan laporan dan presentasi kelompok dan Tes Akhir.

No comments:

Post a Comment